Wednesday, February 20, 2013

Malaysia [Part 2]: Putrajaya, Cyberjaya dan Ampang jaya


Catatan perjalanan Kuliah Kerja Lapangan III Prodi Pembangunan Wilayah UGM di Malaysia dengan tema "Urban Management Based on Commmunity Development"  Tahun 2011. 
       “..............
Marilah kita pedulikan masa depan dan lingkungan kita  
Kawasan metropolitan tempat tinggal masa depan bersama. 
Anak – anak dapat bermain dan berenang di sungai – sungainya. 
Pulau bahang mestinya tidak akan menjadi sesuatu yang nyata. 
Kota yang lestari, nyaman dan sarat dengan nuansa estetika.” 
-  Prof. Hadi Sabari Yunus - 
Students with our lecturer
Pernahkah sebelumnya mendengar dua wilayah tersebut? Ya, Putrajaya dan Cyberjaya adalah salah satu district di sebelah selatan Kuala Lumpur yang berbasis Internet Communication Technology (ICT) namun dengan fokus tertentu.


Nah... mulai dari sini agak akademis dan serius  ..(^_^).. sambil minum kopi enak tuh... hehe

Putrajaya
Sejarahnya nih, sejak tahun 1980-an Malaysia mulai mencari tempat untuk pusat administrasi baru untuk menciptakan pembangunan yang seimbang pada daerah yang jauh dari Kuala Lumpur. So... berangkat dari situ Putrajaya bertindak sebagai pusat Pemerintah baru Federal administrasi Malaysia dan secara bertahap mulai tahun 2005 instansi – instansi pemerintahan setingkat kementerian dipindah ke sini. Lalu Kuala Lumpur dikemanain? Ternyata pemerintah menetapkan Kuala Lumpur akan tetap menjadi ibukota negara keuangan dan komersial dan Putrajaya khusus untuk pengurusan birokrasi.

Masjid Putrajaya
Nah... keberhasilan inilah yang membuat negara kita memunculkan diskusi – diskusi yang panjang untuk memindah pusat pemerintahan di Kalimantan. Sudah pernah dengar kan terkait isu ini? Jadi Jakarta ya dijadiin pusat komersil aja, tapi pusat pemerintahan dipindah semua ke Pulau Kalimantan. Resikonya adalah cost yang dikeluarkan cukup tinggi untuk pembukaan lahan dan pembangunan kantor baru, belum berbicara masalah mahalnya transportasi antar pulau sejak dahulu. (Ini analisisku loh... klo salah ya tolong dibenerin.. hehe)

Itu tadi bicara sejarah Putrajaya, klo Cyberjaya itu apa? Cyberjaya secara resmi diluncurkan oleh Perdana Menteri Keempat, Tun Dr Mahathir Mohamad pada 8 Juli 1999. Kota buatan ini terletak di jantung Malaysia Multimedia Super-Koridor (MSC). Cyberjaya adalah area bagi banyak perusahaan IT & teknologi khususnya, kebijakan dan praktek cyberlaws disesuaikan untuk memungkinkan warga di Cyberjaya untuk mencapai penuh multimedia. Saya baru liat secara langsung beberapa perusahaan internasional seperti DELL, Sony Ericsson, Nokia, Mercedez Bens dll semuanya kumpul jadi satu di sini (maklum... anak desa...)

Sirkuit Internasional Sepang
Sirkuit International Sepang yang sering digunakan untuk event motoGP atau pun F1 berada di distrik ini.. Di sirkuit ini pula lah salah satu pembalap motoGP meninggal pada Oktober 2011 (sekitar 1 bulan setelah kunjungan kami L ) yaitu raider asal Italia, Marco Simoncelli...

Klo kedua kota di atas adalah kota dengan basis ICT, Kota Ampangjaya adalah salah satu kota satelit Kuala Lumpur yang berada di Negara Sembilan (negara ini maksudnya klo di Indonesia seperti propinsi). Selain itu di Indonesia, Kota Bekasi adalah sister city nya Kota Ampang jaya (source: wikipedia).

Kota Ampang jaya menurut presentasi dari alumni Geografi yang bekerja di pemerintah kota, Drs. Sarodin Sahri, merupakan kota satelit yang lebih banyak dioptimalkan untuk permukiman, jadi orang akan melakukan migrasi temporal tiap hari. Kondisi inilah yang menuntut pemerintah secara konsisten mengelola sistem transportasi baik melalui MRT, LRT hingga bus kota secara baik untuk kelancaran para pekerja

Discussion in Ampang Jaya Municipal Council

Jangan salah dengan menyebutkan jalan Ampang loh ya... karena jalan Ampang itu ada di Kuala Lumpur, tempat para diplomat berada. Tapi klo di luar negeri nyasar itu lebih baik...hehe soalnya kita jadi tau lokasi yg g direncanain sebelumnya.. J




No comments:

Post a Comment

Sila tinggalkan komentar. Nuwun.